motto gerakan Pramuka SMK NEGERI 1 Gombong

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

sejarah kepanduan indonesia

Gagasan Boden Powell mendirikan wadah pendidikan untuk anak-anak diluar sekolah sebelumnya hanya dilaksanakan di inggris, karena sangat menarikakhirnya dilaksanakan juga dinegara-negara lain. Diantaranya adalah di Nederland,negeri Belanda dengan nama Padvinder Padvinderij. Oleh orang belanda gagasanBoden Powell ini dibawa ke negeri-negeri jajahannya. Karena pada waktu itunegara Indonesia sedang dijajah oleh Belanda mereka pun di Indonesia mendirikanorganisasi yang bernama NIPV (Nenderland Indische Padvinders Vereniging) atau Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda.


Oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional Indonesia gagasan Boden Powel ini dimanfaatkan. Maka dibentuklah organisasi-organisasi kepanduan yang bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia yang baik, yaitu menjadi kader pergerakan nasional. Organisasi-organisasi kepanduan yang didirikan oleh pemimpin pergerakan nasional Indoensia antara lain :


A. JPO (Javaanse Padvinders Organizatie)
B. JJP (Jong Java Padvindery)
C. NATIJP (Nationale Islamitiche Padvindery)
D. SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery)
E. HW (Hisbul Wathon)


Melihat banyaknya kelahiran organisasi kepanduan ini pemerintah Belanda merasa prihatin dan takut. Akhirnya pemerintah Belanda melarang kepada organisasi-organisasi kepanduan untuk menggunakan istilah Padvindery. Maka oleh K.H Agus Salim istilah Padvinder dan Padvinderij diganti dengan istilah Kepanduan.


Dengan meningkatnya kesadaran Nasional pada tahun 1930 para tokoh pergerakan nasional mulai mempersatukan gerakan kepanduan yang ada diIndonesia, yaitu dengan adanya INPO (Indonesische Padvinders Organizatie), PK(Pandu Kesultanan) dan PPS (Pandu Pemuda Sumatera) berdiri menjadi satu organisasi yaitu KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Pada tahun 1931 dibentuk satu federasi yang dinamakan PAPI (Persatuan Antar Pandu-pandu Indonesia).
Pada tahun 1938 PAPI berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia). Pada masa penjajahan Jepang organisasi kepanduan indonesia dilarangadanya. Tokoh-tokoh pandu banyak yang masuk dalam organisasi Sainendan,
Keibodan dan PETA.


Sesudah proklamasi kemerdekaan indoneisa diwaktu berkobarnya perang kemerdekaan dibentuklah organisasi kepanduan yang berbentuk kesatuan yakni Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Solo, sebagai satusatunya organisasi kepanduan di wilayah negara RI. Setelah pengakuan kedaulatan maka di dalam alam liberal terbukalah kesempatan bagi siapapun untuk membentuk organisasi kepanduan. Berdirilah bermacam-macam kepanduan Indonesia seperti : HW, SIAP, KBI, Pandu Islam Indonesia dan lain-lain.


Menjelang tahun 1961 kepanduan Indonesia telah terpecah-pecah menjadi lebih dari 100 organisasi kepanduan, suatu keadaan yang terasa sangat lemah, meskipun sebagaian daripada organisasi itu terhimpun dalam 3 federasi organisasi kepanduan yaitu satu federasi kepanduan putra dan dua federasi kepanduan putri yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia, dibentuk 13 September 1951), POFFINDO (Persatuan Organisasi Pandu Putra Indonesia,, dibentuk 1945), dan PKPI (Perserikatan Kepanduan Putri Indonesia). Tahun 1955 IPINDO berhasil menyelenggarakan Jambore Nasional 1 di Pasar Minggu, Jakarta.


Mengalami kelemahan itu, maka ketiga federasi tersebut melebur diri menjadi satu federasi yang diberi nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia) akan tetapi hanya kira-kira 60 buah saja dari 100 lebih organisasi kepanduan itu yang ikut dalam federasi PERKINDO dan jumlah keseluruhan lebih kurang hanya 500.000 orang. Lagi pula didalam federasi itu sebagian dari 60 organisasi-organisasi PERKINDO terutama yang berada dibawah organisasi politik da organisasi massa satu dengan yang lainnya saling berhadapan. Inilah yang membuat Gerakan Kepanduan Indonesia menjadi lemah. Oleh Perkindo dibentuklah suatu panitia untuk memikirkan suatu jalan keluar. Panitia ini menyimpulkan bahwa selain lemah terpecah-pecah, gerakan kepanduan Indonesia itu lemah karena terpaku dalam cengkraman gaya lama yang tradisionil dari kepanduan Inggris yang tidak sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Maka ketika itu kepanduan kurang memperoleh tanggapan dari masyarakat Indonesia.


Kepanduan hanya berjalan di Kota-kota besar saja, itupun hanya terdapat pada lingkungan orang-orang yang sedikit banyak sudah berpindidikan barat. Kelemahan gerakan kepanduan Indonesia dipergunakan oleh pihak komunis sebagai alasan untuk memaksa gerakan kepanduan di Indonesia menjadi gerakan pioner muda seperti yang terdapat dalam negara-negara komunis.


Akan tetapi perkindo menentangnya dan dengan bantuan perdana menteri Juanda maka perjuangan mereka menghasilkan keputusan presiden Republik Indonesia No 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang pada tanggal 20 mei 1961 ditandatangani oleh Ir Juanda sebagai penjabat Presiden RI. Pada waktu itu presiden sedang pergi ke Jepang. Gerakan pramuka adalah suatu perkumpulan yang berstatus nongovermental (bukan badan pemerintah) dan yang berbentuk kesatuan. Gerakan Pramuka diselenggarakan menurut jalan demokrasi dengan pengurusnya dipilih di dalam musyawarah. Semua organisasi-organisasi kepanduan kecuali yang diselenggarakan oleh komunis melebur diri dalam Gerakan Pramuka.
Didalam Kepres No 238 th 1961 diatas, Gerakan Pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan diwilayah RI yang diperbolehkan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda-pemuda Indonesia. Organisasi-organisasi lain yang menyerupai dan sama sifatnya dengan Gerakan Pramuka dilarang adanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Main Page

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SMK NEGERI 1 GOMBONG

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

****************************************************************************************************************